Rabu, 29 Oktober 2008

TINGKATAN DALAM SEMEDI MEDITASI


TINGKATAN DALAM SEMEDI MEDITASI



Seseorang yang ingin menguasai ilmu terawangan atau meraga sukma, sudah menjadi keharusan untuk bisa mempelajari “ Semedi Meditasi” (lihat tulisan kemarin). Sebab,tanpa dasar-dasar tersebut sangat sulit bagi kita untuk dapat menguasai ilmu terawangan atau ilmu meraga sukma. Berikut penjelasan mengenai beberapa tingkatan konsentrasi semedi meditasi :



1. Bersatunya pikiran pada satu tujuan sedangkan jasmani masih dapat menerima kontak dari luar misalnya hawa yang dingin / panas, nafas masih bisa dihitung dengan segenap kesadaran, telinga masih dapat mendengar bunyi suara orang berbicara, deru motor, bunyi hewan kecil dikamar dan lain sebagainya sekalipun tidak mendapat perhatian penuh. Pada fase ini dinamakan konsentrasi semedi meditasi tingkat pertama.
2. Bersatunya pikiran setelah beberapa panca indera atau syaraf tidak menangkap secara penuh akan rasa gatal atau bunyi sandal, segala perasaan sangat lemah untuk menangkap pengaruh yang dating, tetapi panca indera yang lain atau perasaan dan ingatan masih bisa terpengaruh oleh lingkungan . Nyamuk yang menggigit sudah tidak terasa lagi. Konsentrasi tingkat kedua ini masih dapat dipengaruhi oleh alam luar, sekalipun pengaruh itu tidak seberapa mengganggu.
3. Dalam konsentrasi tingkat ketiga ini anda sudah merasakan tubuh anda seperti membeku, sulit memberikan kontak bergerak, gangguan luar masih tidak terasa baik gigitan nyamuk dan suara lingkungan yang masuk ketelinga amat lemah untuk ditangkap namun anda masih dapat memberikan makna terhadap suara itu, apkah itu suara jangkrik atau suara serangga lainnya dan anda masih dapat pula mengikuti nafas anda.
4. Pada konsentrasi semedi meditasi tingkat keempat, anda akan merasakan dimana raga sudah tidak terasa (mati raga), yang anda rasakan hanya satu yaitu adanya kesadaran yang berada di ujung pikiran, perasaan seakan terapung, apa yang dirasakan syaraf peraba samasekali tidak bekerja, sekalipun tadinya anda memegang suatu benda, tidak lagi akan merasakan benda tersebut dan andapun tidak akan merasakan kalau 10 nyamuk telah menggigit kulit anda.
5. Pada konsentrasi tingkat kelima, anda tidak bisa merasakan segala sesuatu, sekalipun anda mencoba untuk menghitung nafas anda, anda sudah tidak bisa merasakan kesadaran itu. Anda sudah tidak tinggal diam didalam tubuh yang kasar melainkan mengapung dalam udara. Begitu pula tubuh kasar anda, seakan telah hilang dan yang tinggal hanyalah kesadaran yang tidak berujud, anda seakan sudah kehilangan nafas, tubuh kasarpun sudah tidak terasa lagi. Dalam keadaan demikian ingatan anda masih dapat bekerjasama dengan pikiran.



Dalam mempelajari ilmu terawangan, konsentrasi semedi meditasi cukup sampai tingkat ke 5, sebab ingatan dan pikiran serta control dibutuhkan untuk keperluan melakukan cipta dan konsentrasi satu tujuan. Sewaktu anda sampai pada tingkat ke 5 janganlah merasa panik atau ketakutan, sebab segala sesuatunya membutuhkan ketenangan. Bingung serta takut merupakan musuh utama dan hal tersebut harus dibuang jauh-jauh. Anda tidak perlu merasa takut ataupun bingung, karena anda akan tetap dalam keadaan selamat dan sehat wal’afiat.

Tidak ada komentar: